Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

12 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tape Singkong

Manfaat Tape Singkong – Tape merupakan bahan makanan dari hasil fermentasi, biasanya yang dijadikan tape adalah singkong, beras dan beras ketan baik beras ketan putih maupun beras ketan hitam. Makanan yang sudah melalui fermentasi ini mengandung alkohol dan apabila belum basi memiliki rasa manis, sehingga tape banyak dijadikan sebagai makanan camilan dan oleh-oleh saat berkunjung dari suatu wilayah.

Kunjungi Juga : Manfaat Bengkoang untuk kesehatan

Seperti tape ketan hitam Betawi, tape singkong Bondowoso dan masih banyak kota yang menjadikan makanan hasil fermentasi ini sebagai icon makanan khas yang bertebaran di pulau jawa dan kota lainnya di seluruh nusantara. Dibalik rasanya yang manis tersebut ternyata tape menyimpan se-gudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Sebelum mengenal berbagai manfaat tape lebih dalam bagi kesehatan, marilah kita mengenal  terlebih dahulu berbagai bahan makanan yang bisa di fermentasi dan biasanya dijadikan tape, antara lain ;

Ketela atau Singkong

Tape yang berbahan dasar ketela ini adalah makanan yang sangat mudah didapat di pulau jawa, seperti tape Bondowoso, tape Bandung dan masih banyak daerah yang mudah kita jumpai jenis tape berbahan singkong ini, masyarakat sunda menyebut jenis makanan ini dengan sebutan Peyeum Bandung.

Beras dan Beras Ketan

Tape yang berbahan baku dari beras maupun beras ketan ini juga sangat enak dikonsumsi. Untuk tape yang berbahan beras ketan, baik beras ketan hitam atau beras ketan putih juga mudah dijumpai di seluruh wilayah pulau jawa, tape ketan juga sangat nikmat dijadikan minuman segar baik panas maupun dingin.

Kandungan dan Nutrisi Tape Singkong

Dalam tape singkong terkandunga dan nutsiri seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, dan fosfor di dalamnya. Dengan demikian beberapa kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Tape Singkong

Tape singkong bisanya di konsumsi secara langsung. Akan tetapi, ada juga sebagian orang mengelolah kembali seperti dodol tape, manisan tape, roti tape dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat tape singkong.

1. Mencegah Anemia

Tape Singkong atau yang dikenal juga dengan tape singkong ini dikenal bisa membantu untuk mencegah anemia. Anemia ini disebabkan lantaran turunnya produksi sel darah merah sehingga mengakibatkan tubuh lemah dan tidak bertenaga.

Dikarenakan adanya proses fermentasi pada saat membuat Tape Singkong ini, menjadikan di dalam Tape Singkong mengandung berbagai jenis mikroorganisme yang bisa membantu meningkatkan produksi dari vitamin B12.

Baca Juga : Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dan vitamin B12 ini memiliki peran bisa membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga pada akhirnya tubuh tidak kekurangan sel darah merah lagi.

2. Bisa Mengatasi Darah Tinggi

Selain bisa mengatai anemia, Tape Singkong juga memiliki kemampuan untuk mengatasi darah tinggi. Darah tinggi ini jika tidak segera diobati akan sangat berbahaya, sebab darah tinggi bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya lagi.

Kunjungi Juga : Manfaat Bengkoang untuk kesehatan

Alasan kenapa Tape Singkong ini bisa mengatasi darah tinggi lantaran makanan yang satu ini merupakan salah satu sumber kalsium dan bisa berfungsi mengatur tekanan darah serta dapat menjaga detak jantung serta memelihara kesehatan pembuluh darah Anda.

3. Sebagai Sumber Probiotik

Tape Singkong ini dalam proses pembuatannya diproses secara fermentasi yang didalamnya melibatkan berbagai jenis mikroorganisme yang ternyata sangat bagus untuk menghasilkan cairan probiotik.

Selaitan itu, kandungan air yang umumnya terdapat pada Tape Singkong ini ternyata bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat yang ada di dalam saluran pencernaan.

Baca Juga : Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dan tidak hanya itu saja, Tape Singkong ini juga dikenal memiliki khasiat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa berfungsi sebagai anti racun.

4. Penghangat Tubuh

Kandungan yang ada di dalam Tape Singkong ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh lantaran adanya senyawa alkohol dalam kadar yang ringan. Maka dari itu sangat wajar jika Tape Singkong ini memiliki kemampuan sebagai penghangat tubuh.

5. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Tape Singkong ini dikenal juga sebagai sumber karbohidrat yang tinggi. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi Tape Singkong ini bisa memberikan efek yang sama seperti pada saat Anda makan nasi atau jenis makanan sumber karbohidrat lainnya.

Dan karbohidrat ini akan menjadi sumber energi yang sangat baik bagi tubuh serta membantu pencernaan protein yang selanjutnya akan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

6. Obat Jerawat

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, Tape Singkong juga memiliki manfaat dalam hal kecantikan. Tape Singkong ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Kandungan zat yang ada di dalam Tape Singkong ini bisa berfungsi sebagai anti racun yang akan membantu tubuh menetralisir racun menumpuk pada permukaan pori-pori kulit.

Dan umumnya pori-pori kulit yang banyak mengandung kotoran inilah yang akan ditumbuhi oleh jerawat. Maka dari itu dengan bersihnya pori-pori kulit dari kotoran ini secara otomatis jerawat enggan untuk datang.

7. Makanan untuk Diet

Tape Singkong dikenal sebagai makanan yang rendah kandungan lemaknya. Namun Tape Singkong mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Maka dari itu sangat cocok jika dijadikan sebagai makanan untuk diet.

Apalagi Tape Singkong ini juga dikenal cukup kaya akan kandungan serat larut dalam air, sehingga bisa membuat organ pencernaan Anda menjadi semakin sehat. Hal inilah yang menjadikan Tape Singkong ini sebagai makanan penurun berat badan secara alami.

Berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi tape baik yang berbahan dari singkong maupun beras  ketan bagi kesehatan tubuh lain nya , antara lain ;

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan pro-biotik yang terdapat dalam tape, jika kita dikonsumsi secara wajar maka pro-biotik yang masuk ke dalam tubuh dan bertahan hidup maka hal tersebut bisa menjaga tubuh kita dari serangan berbagai virus jahat, namun hal ini tergantung pada kondisi tubuh masing-masing seberapa mampu menyerap pro-biotik dan bertahan hidup dalam tubuh seseorang.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Tape khususnya yang berbahan dasar dari beras ketan hitam mengandung pro-biotik, karbohidrat, vitamin B1, B2 dan zat besi yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh kita, hal ini dipercaya karena kandungan tersebut mampu menambah daya tahan tubuh lebih baik sehingga kolesterol jahat sedikit demi sedikit akan turun dengan sendirinya.

Mencegah Kanker

Asam laktat yang terdapat dalam tape khususnya yang berbahan ketan, ternyata manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menurunkan kolesterol yang tinggi, ternyata asam laktat yang terkandung dalam tape ketan, juga mampu mencegah terhadap penyebaran sel-sel jahat yang menyebabkan terbentuknya sel kanker.

Baca Juga : Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk itu makanan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengusir sel-sel jahat yang bersemayam dalam tubuh sehingga sel tersebut tidak berkembang menjadi sel kanker yang tentu akan sangat mengerikan, maka dengan mengkonsumsi tape ketan secara teratur dan sewajarnya tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh khususnya untuk mengusir sel kanker.

Menyembuhkan Anemia

Penyakit kekurangan darah atau anemia juga sering menyerang kaum wanita terutama saat masih remaja. Hal ini terkait dengan adanya masa menstruasi yang tidak normal, salah satu cara untuk mengatasi masalah anemia akibat menstruasi yang tidak normal tersebut,  kita dapat  dengan memanfaatkan makanan ini khususnya tape yang berbahan dari ketan. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam tape ketan dikenal banyak mengandung zat besi.

Baca Juga : Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan zat besi inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah (Eritrosit). Sehingga kebutuhan sel darah merah  dalam tubuh akan tercukupi secara alami dan terhindar dari kekurangan sel darah merah sebagai penyebab penyakit anemia.

Melancarkan sistem Pencernaan

Makanan yang melalui fermentasi umumnya dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena tape banyak mengandung serat yang tinggi, adanya kandungan serat yang tinggi inilah yang memiliki peran untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang baik maka berbagai penyakit akan terhindar seperti masalah sembelit dan lain sebagainya.

Baca juga artikel dibawah ini: