Manfaat Senam Aerobik

Diposting pada

15 Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat Senam Aerobik – Saya termasuk orang yang malas untuk olahraga, betapa pun sudah khatam tentang bacaan manfaat olahraga tapi tetap aja malas dan ogah banget buat merutinkan berolahraga, ada yang sama?

Soalnya saya berpikir, di rumah kan udah sering beres-beres seperti nyapu, ngepel, dll itu sama aja kan kayak olahraga wkwkwk. Ternyata semakin kesini diberikan pencerahan bahwa kegiatan fisik yang kita kerjakan di rumah (baca: beberes rumah) itu gak termasuk kegiatan olahraga, ditambah lagi saya sadar diri umur udah mau kepala 3 hehe, berangkat dari alasan tersebutlah yang membuat saya pada akhirnya memutuskan untuk memilih senam aerobik, kenapa saya memilih senam aerobik? simple aja sih, tujuan saya olahraga supaya sehat dan saya butuh olahraga yang gak pakai alat trus bisa have fun saat menjalaninya

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat efektif membuat tubuh berkeringat, ini dia 12 manfaat senam aerobik yang bisa kita dapatkan

1. Menambah stamina tubuh

Sering banget kan ya tubuh kita kecapekan karena mengerjakan banyak tugas, nah biasanya saya sendiri gampang banget sakit kalo udah kecapekan. Senam aerobik adalah upaya saya untuk menambah stamina supaya gak gampang sakit. Sejauh ini efektif banget sih

2. Menurunkan berat badan

Buat yang lagi program diet, senam aerobik bisa banget ngebantu buat nurunin berat badan lho…pengalaman teman 😉

3. Mencegah penyakit

Wah selain mengasyikan, ternyata senam aerobik juga bisa mencegah penyakit-penyakit seperti stroke, jantung, kolestrol, bahkan kanker

4. Mengembalikan mood dan mengurangi stress

Yang ini bener banget nih, ngerasain kalo setiap lagi senam langsung happy, semua beban terangkat ciee…kecuali beban hidup ya wkwkwk, ternyata ketika senam hormon endhorpin kita akan aktif gaess, nah itulah pemicunya yang membuat kita tenang dan damai

5. Mempercantik kulit

Belum ngerasain sih kalo ini, tapi banyak yang bilang kalo rajin olahraga terutama senam aerobik bikin kulit kencang dan awet muda lho, mau gak? kalo mau yuk ikutan senam 😍

6. Memperbaiki pernafasan

Sering ngos-ngosan gak kalo lagi melakukan aktifitas? saya sering terutama kalo jalan jauh atau lari. Nah sejak merutinkan senam aerobik, nafas saya lumayan kuat, terakhir pas nanjak ke puncak songgo langit, Alhamdulillah kuat 😁

  • Berikut ini ragam manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh.

  • 1. Menjaga berat badan

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

3. Meningkatkan stamina tubuh

Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

4. Mengontrol kadar gula darah

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, adalah salah satu manfaat senam aerobik yang sayang jika dilewatkan. Olahraga ini, akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

6. Menurunkan tekanan darah

Karena senam aerobik adalah senam yang melatih jantung, maka manfaatnya juga akan terasa pada kadar tekanan darah yang menurun. Saat tekanan darah menurun, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

8. Meningkatkan suasana hati

Sebab olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Latihan kardio ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

9. Membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal

Senam aerobik juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebab, olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Pengaruh senam aerobik terhadap tubuh

Selama senam aerobik, otot berukuran besar di tubuh yang terdapat di lengan, kaki, dan pinggul akan terus bergerak, sehingga tubuh pun akan merespons dengan cepat. Anda akan bernapas dengan lebih cepat dan dalam, membuat jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah bisa maksimal. Jantung juga akan berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah ke otot, lalu kembali ke paru-paru.

Pembuluh darah kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di tubuh, akan ikut melebar, untuk melancarkan proses pengantaran oksigen ke otot, maupun membuang zat sisa metabolisme, seperti karbondioksida dan asam laktat. Tubuh juga akan terpicu untuk mengeluarkan endorfin, zat kimia alami di tubuh yang dapat berfungsi sebagai pereda nyeri alami, dan berguna untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga artikel dibawah ini: