Khasiat Ceker Ayam Buat Darah Tinggi

Diposting pada

Cakar Ayam bisa menurunkan tekanan darah

Manfaat Ceker Ayam

Khasiat Ceker Ayam – Beberapa orang menganggap kaki ayam sebagai makanan yang menjijikkan karena berasal dari bagian tubuh ayam yang paling sering terkena kotoran atau lumpur. Hanya saja banyak orang yang masih sering mengkonsumsinya karena menganggap kaki ayam rasanya enak. Bahkan, beberapa kaki ayam menyebut makanan yang bisa menurunkan tekanan darah. Bisakah kaki ayam benar-benar memberikan manfaat kesehatan ini?

1. Kandungan di dalam ceker ayam

Sebuah penelitian yang menerbitkan temuannya dalam jurnal berjudul Japan Society for Bioscience Tsukuba dilakukan untuk menentukan tingkat kaki ayam. Hasilnya adalah kaki ayam memiliki kolagen yang menawarkan manfaat yang sama dengan obat antihipertensi dengan inhibitor ACE. Dengan makan kaki ayam, yang dapat mengurangi konten darah dalam plasma darah, tekanan darah dapat diturunkan secara signifikan.

Sebelumnya, para ahli kesehatan mengatakan bahwa makanan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah mengandung kalium. Konten ini biasanya mudah ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan seperti pisang. Namun, jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, Anda harus mengonsumsi makanan kalium tinggi beberapa kali sehari.

Dengan pemikiran ini, kita dapat mulai mencicipi kaki ayam yang lezat sebagai menu alternatif yang secara efektif dapat menurunkan tekanan darah.

2. Telur ayam juga bisa memberikan manfaat yang sama

Sementara itu, penelitian lebih lanjut telah dilakukan oleh para ahli kesehatan dari Universitas Alberta, Kanada, untuk menentukan kegunaan telur ayam untuk tekanan darah manusia. Sebuah studi yang kemudian diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan menunjukkan bahwa telur ayam juga memiliki efek yang sama dengan kaki ayam, yang memainkan peran yang mirip dengan ACE inhibitor untuk tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Khasiat ADAS Pulosari Untuk Kejantanan

Hanya saja kita juga harus memperhatikan bagaimana telur ini diproses. Misalnya, telur goreng memiliki potensi untuk menjadi lebih baik daripada telur rebus sebagai obat antihipertensi. Ketika kita menggoreng telur dengan mencampurkan kuning telur dan putih telur, manfaatnya juga jauh lebih baik daripada dengan telur goreng atau mata sapi.

Menurut para ahli kesehatan, manfaat telur adalah karena adanya asam amino esensial lengkap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jika kita tidak makan cukup asam amino khusus, kita lebih rentan terhadap penyakit berbahaya, termasuk tekanan darah tinggi. Meski demikian, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak berlebihan saat mengonsumsi telur. Dua atau tiga kali seminggu dan kita akan mendapat manfaatnya.

3. Kacang juga bisa menurunkan tekanan darah

Selain telur dan kaki ayam, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition menunjukkan manfaat kesehatan kacang-kacangan, yang juga dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah. Dalam studi ini, kacang-kacangan ditemukan mengandung lemak tak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol jahat, serta mineral seperti magnesium dan kalium dan bahan-bahan lain seperti vitamin, serat dan antioksidan

– Melihat dari hasil yang telah di buktikan dan fakta ini para profesional kesehatan ceker ayam,-telur ayam-dan berbagai kacang-kacangan disarankan untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke

4. Menurunkan tekanan darah

Kolagen yang terkandung dalam cakar ayam tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah.

Kolagen mengurangi produksi plasma darah, membuat tekanan darah stabil. Selain itu, kandungan kalium dalam cakar ayam baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi.

Caranya, Anda bisa membuat sup ayam tanpa garam. Gunakan bumbu bawang putih cincang, bawang merah dan sedikit lada.

Nah, ternyata ada juga banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari cakar ayam?

Rasanya enak dan murah, manfaatnya sangat bagus untuk tubuh. Cobalah!

Baca Juga artikel lainnya :