Khasiat Bangle Untuk Kecantikan Wajah

Diposting pada

20 Khasiat Bangle Untuk Kecantikan Wajah

Khasiat Bangle

Khasiat Bangle – adalah tanaman yang sering disalahartikan sebagai jahe. Secara fisik, jahe sangat mirip dengan Bangle  dari bentuk rimpang, bunga, hingga daun. Namun, keduanya adalah tanaman yang sama sekali berbeda dalam hal rasa dan efektivitas. Karena mirip, bangle kurang populer daripada jahe dan jangan heran jika banyak dari Anda belum pernah mendengar bangle dan tidak tahu nama bangle. Di Thailand, bangle dikenal sebagai Plai dan sering digunakan sebagai obat pijat dan juga sebagai bahan makanan. Selain itu, Plai juga biasa digunakan untuk aromaterapi, yang efektif dalam pengobatan peradangan. Di Kamboja bangle sering disebut sebagai Ponlei.

PERBEDAAN ANTARA BANGLE DAN JAHE

Perbedaan Mendasar Antara Bangle Dan Jahe, Yaitu:

Rasa rimpang jahe memiliki rasa yang sangat lezat, sedangkan bangle rimpang umumnya tidak memiliki rasa yang enak, sedikit pedas dan sangat pahit.

Meskipun jahe dan bangle memiliki bentuk yang serupa, mereka juga memiliki perbedaan fisik, dengan Bangle rimpang lebih besar daripada rimpang jahe dengan daging rimpang yang lebih besar. Kulit bangle rimpang juga berwarna hitam dan sedikit berkerut dibandingkan dengan jahe.

Berikut ini adalah karakteristik tanaman bangle

Bangle memiliki tinggi maksimum 1,5 meter. Bangle memiliki pseudostiel dengan daun panjang dan terputus-putus yang berwarna hijau gelap dengan tulang daun berbulu. Bangle tersebut memiliki bentuk nanas dengan warna merah cerah. Pada usia muda bangle memiliki tunas hijau.

Area Distribusi Dan Area Budidaya Tanaman Bangle montanum dapat tumbuh optimal di tempat yang dingin. Bangle sangat cocok jika tumbuh di tempat yang lembab. Bangle membutuhkan tempat tertutup dengan intensitas matahari sekitar 50% agar dapat tumbuh optimal. Bangle tumbuh di rumpun padat dan sering ditemukan di dekat rumpun bambu. Anda harus berhati-hati jika ingin mengambil Bangle, karena ada mitos bahwa ular tertarik pada bunga. montanum dianggap sebagai tanaman asli di Asia Tenggara dan telah menyebar ke seluruh Asia untuk digunakan sebagai makanan. Ini sering digunakan sebagai obat. Secara khusus, diyakini bahwa Z. montanum berasal dari Vietnam. Z. montanum diperkenalkan oleh Roxbourgh di Inggris pada tahun 1810, tetapi ada asumsi lain bahwa Z. montanum diperkenalkan oleh Pechey di Inggris pada tahun 1672.

Bahan Tanaman Bangle

Menurut penelitian, rimpang bangle mengandung terpine, phenylbutanoids, sabinene, trans, butadiene dan trans-4. Unsur-unsur yang paling baru ditemukan adalah antioksidan cassumunarin A, cassumunarin B dan cassumunarin C. Selain rimpang, penyelidikan juga dilakukan pada bracts yang mengandung Sabines, pinene, caryophyllene, triquinacene, dan ocins.

Bangle dianggap sehat dan telah digunakan oleh orang-orang Asia Tenggara selama ratusan tahun. Keuntungan dari bangle adalah:

Demam

Diyakini bahwa kandungan yang menciptakan rasa pedas pada bangle rimpang menghangatkan tubuh dan menghilangkan demam. Anda melakukan ini dengan memasak 20 gram bangle hancur, yang dicuci bersih dengan 1 gelas air, tambahkan 1 jus jeruk nipis dan 1 sendok makan madu dan minum 2 kali sehari.

Obat Perut

Campuran bangle, jahe dan kunyit dipercaya bisa meredakan sakit perut yang disebabkan oleh asam lambung. Kandungan ketiga temuan tersebut diyakini dapat menstabilkan produksi asam lambung.

Sakit Kepala

Saat mengobati sakit kepala dengan Bangle, metode ini sedikit berbeda. Bangle dibuat menjadi krim dengan menghaluskan Bangle  dan mencampurnya dengan sedikit air dan memijatnya di kepala yang sakit. Metode ini tidak memberikan karakteristik spesifik pada tubuh, tetapi panas yang dihasilkan oleh Bangle membuat otot-otot rileks dan mengurangi sakit kepala.

Obat Anti-Penyakit Kuning

Adalah  penyakit kuning dapat di atasi dengan Bangle hampir sama dengan pengobatan  adalah  dengan merebus 20 gram rimpang bangle yang ditumbuk dan dicuci bersih dengan 1 gelas air, tambahkan 1 jus jeruk nipis dan 1 sendok makan madu dan minum 2 kali suatu hari.

Obat Rematik

Bangle diyakini meningkatkan kemanjuran anggur Cina dalam pengobatan rematik dan gangguan terkait sendi lainnya. Anda melakukan ini dengan menghaluskan hingga 15 gram rimpang bangle dan mencampurkannya dengan anggur Cina ke dalam krim dan memijatnya pada persendian yang sakit.

Obat cacing

Bangle dipercaya dapat mengobati cacingan, menumbuk 30 gram Bangle, 2 jari pada lunas, 7 daun ketumbar dan 5 lembar daun sirih. Tambahkan air panas secukupnya, saring dan minum.

Mulai BAB

Perawatan penyumbatan dapat dilakukan dengan bangle. Anda minum hingga 20 gram bangle parut, yang dicuci bersih dan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 2 kali sehari.

Antioksidan

Kandungan cassumunarin A, cassumunarin B dan cassumunarin C dalam bangle dipercaya sebagai antioksidan bagi tubuh.

Meningkatkan Nafsu Makan

Diyakini bahwa Bangle memiliki efek yang sama dengan kunyit atau jahe, yang seharusnya meningkatkan nafsu makan. Demikian juga, diyakini bahwa daun kulit kayu memiliki sifat yang mirip dengan rimpang yang dikatakan meningkatkan nafsu makan. Caranya adalah dengan memeras 1 letusan sampai jus keluar, kemudian didihkan jus dengan 1 gelas air bersih dan minum 1 kali sehari.

Obat Batuk Berdahak

Diyakini bahwa isi bangle menyembuhkan batuk dengan lendir dan menenangkan leher dengan memberikan efek hangat pada leher. Caranya adalah dengan mencampurkan jus 2 jeruk nipis ke dalam segelas air, kemudian rebus 5 gram bangle dengan air hingga tersisa setengah gelas, dan kolnya diminum 2-3 kali sehari.

Pencernaan Berlancar

Diyakini bahwa Bangle rimpang memiliki manfaat untuk pencernaan. Untuk efek maksimal, Anda harus menggunakan Bangle secara teratur setidaknya setiap 3 hari. Anda melakukan ini dengan merebus 10 gram bangle parut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.

Menurunkan Berat Badan

Dipercaya bahwa rebusan bangle dengan jeruk nipis dapat menetralisir lemak dan mengurangi berat badan. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, diet harus disertai dengan olahraga yang memadai dan asupan makanan bergizi dan rendah lemak.

Pilek

Bangle diyakini sebagai pengganti minyak angin atau bawang dalam kegiatan menggaruk. Perasaan panas bangle dapat membuka pori-pori belakang dan membiarkan angin di dalam tubuh melalui pori-pori ini keluar. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak sayur dengan bangle yang dihancurkan menjadi krim dan berfungsi sebagai minyak limbah. Untuk hasil yang maksimal, gosok terlebih dahulu bangle parut dengan ketebalan sedang di bagian belakang untuk menciptakan efek pemanasan.

Keuntungan Bangle untuk kesehatan lainnya

Tumbuhan ini juga efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit, seperti di bawah ini:

  • Sebagai perpaduan obat herbal tradisional.
  • Penurunan berat badan seperti perut untuk ibu setelah lahir.
  • Pengurangan kelainan neurologis.
  • menyembuhkan luka luar.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mengencangkan kulit wajah.

Baca Juga artikel lainnya :