Efek Samping Kawat Behel Gigi

1 min read

Inilah Efek Samping Bagi Pengguna Kawat Behel Gigi ( Sangat Berbahaya )

Efek Samping Bagi Pengguna Kawat Behel Gigi ( Sangat Berbahaya )

Efek Samping Kawat Behel – Kawat behel atau kawat gigi untuk gigi saat ini memang sedang digemari oleh banyak orang, terutama bagi para remaja wanita yang kawat gigi sekaligus digunakan untuk gaya-gayaan saja. Kawat behel banyak kita jumpai tersebar luas dilingkungan masyarakat dengan harga yang relatif murah, yang mana karena harganya yang sangat murah sudah pasti kualitas kawat gigi tersebut sangat ditakuti apabila terpasang digigi. Karena kualitas yang meragukan dikhawatirkan memberikan efek samping yang buruk bagi gigi.

Inilah Efek Samping Bagi Pengguna Kawat Behel Gigi

Inilah Efek Samping Bagi Pengguna Kawat Behel Gigi ( Sangat Berbahaya )

Untuk para pengguna kawat behel agar lebih memahami bahaya penggunaan behel itu sendiri, bahaya behel dapat terjadi jika pemasangan kawat gigi tidak ditangani langsung oleh dokter gigi. Pemakaian behel dapat mengakibatkan efek samping bagi penggunanya apabila yang memasang kawat gigi tidak memiliki keahlian khusus.

Bagi sobat yang ingin memakai kawat gigi sebaiknya pergi kedokter gigi yang memang sudah ahli untuk memasang kawat gigi. Jika sobat memasang kawat gigi kepada yang bukan ahlinya, maka dikhawatirkan sobat akan mengalami masalah-masalah berikut ini.

1. Masalah Pencernaan

Bahan kawat gigi atau behel berkualitas rendah dikhawatirkan mengandung material berbahaya bagi kesehatan. Apabila material tersebut bereaksi dengan air liur maka reaksi dari material tersebut dapat menimbulkan masalah gangguan pencernaan.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Ikan Paling Ampuh

2. Karang Gigi

Karang gigi dapat timbul akibat pemakaian behel. Hal ini disebabkan area dibawah dan disekitar kurung logam dan kawat sulit untuk dibersihkan, sehingga sisa-sisa makanan yang masih tersisa dapat menyebabkan penumpukan plek. Penggunaan kawat gigi logam beresiko tinggi mengalami kerusakan pada gigi dan gusi. Maka dari itu gunakan sikat gigi khusus apabila sobat memakai behel.

3. Alergi

Kawat gigi atau behel logam mengandung logam seperti tembaga, nikel dan kromium. Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga dapat tersumbat. Bahkan ada kemungkinan pasien yang tidak mempunyai riwayat alergi bisa menjadi alergi setelah memasang behel. Kabar gembiranya dampak negatif dari tembaga, nikel dan kromium pada umumnya ringan dan tidak sulit untik diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan dalam behel.

4. Penyakit Menular Seksual

Jika mendengar istilah bahaya penyakit menular seksual tentu sangatlah mengerikan bagi kita. Apabila kawat logam yang terpasang pada gigi sobat berbenturan, maka akan timbul luka kecil pada bibir serta bagian dalam pada pipi. Ketika sobat terlibat aktivitas dengan mulut sobat, maka luka yang ada pada mulut sobat akan menjadi pintu masuk penyakit seperti HIV dan hepatitis.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Gudik Dengan Cara Tradisional

Sebaiknya jika sobat ingin memasang kawat gigi atau behel, sebaiknya sobat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang ahli dalam pemasangan kawat gigi. Jangan memasang kawat gigi kesembarang orang. Karena memasang kawat gigi yang sembarangan sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh sobat, seperti yang telah admin sampaikan diatas.

Demikian beberapa efek samping dari penggunaan kawat gigi atau behel yang dapat Manfaatmedis.com, semoga dapat memberikan pencerahan bagi sobat semua apabila ingin memasang kawat gigi atau behel. Silahkan share artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih.