Cara Mengatasi Perut Buncit

Diposting pada

6 Cara Mengatasi Perut Buncit

Cara Mengatasi Perut Buncit

Cara Mengatasi Perut Buncit – Assalamu’alaikum, selamat datang di blog manfaatmedis.com  Hari ini saya akan mengupas tentang aneka hal yang bisa membuat perut Anda jadi buncit alias menggembung atau gendut. Banyak yang minta topik ini. Jadi, yuk ah dibahas aja? di simak saya teman-teman….

Selain kurang sedap dipandang mata, perut yang semakin membuncit  ternyata bisa mengundang para wadyabala penyakit lho gaes. Tapi tenang saja, bagi Anda yang sudah terlanjur buncit, tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya.

Baca juga : Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dan untuk Anda yang belum, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari kita mencoba menelaah kebiasaan apa saja yang bisa membuat perut buncit?

1. Kebiasaan Makan

Cara Mengatasi Perut Buncit – Manusia harus makan untuk melanjutkan hidupnya. Semua orang pasti tahu itu. Aktivitas rutin ini pada umumnya dilakukan dengan pola yang sama oleh setiap orang. Tapi kadang Anda tak sadar terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab perut buncit. Waduh!

Seperti misalnya di lingkungan sekitar saya kebanyakan orang akan makan di warung ataupun membeli ayam goreng, ikan goreng, cake, cappuccino cincau, pun mie bakso. Semua itu seperti terpola mengikuti apa yang sudah menjadi kebiasaan orang banyak.

Jika Anda berpikiran bahwa setiap hal yang diikuti oleh banyak orang disimpulkan sebagai sesuatu yang baik, bisa berabe! Misalnya di lingkungan saya mayoritas penduduknya suka sarapan roti keju dan susu setiap hari, apakah itu pasti hal yang baik? Belum tentu.
Anda tetap harus mempelajari pola makan yang baik dan benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Ketika Anda sudah tahu apa yang baik bagi tubuh, barulah bencana perut buncit bisa disingkirkan dari sana.

Kesimpulannya, jangan asal mengikuti pola makan yang sudah turun temurun dilakukan dari zaman nenek moyang, melainkan cari tahu dulu apakah itu benar-benar baik atau hanya sekedar kebiasaan.

2. Penyakit Tertentu

 Adakah penyakit yang bisa membuat seseorang overweight  alias kelebihan berat badan? Jawabannya ada. Akan tetapi penyakit itu tidaklah dibawa dari lahir. Obesitas bisa terjadi karena ada sesuatu yang menjadi pencetus nya.

Bisa jadi ketika hamil sang ibu punya kebiasaan makan yang sangat tidak terkontrol. Kemudian hal ini berimbas pada bayi setelah dilahirkan. Jika sang ibu tidak bisa mengatur pola makan bayi, obesitas tidak dapat terhindarkan.

Di masa dewasanya nanti sang bayi lebih rentan mengalami kegemukan. Padahal berat badan yang berlebih ini seringkali diikuti berbagai keluhan. Mau tidak mau dia harus siap dengan berbagai bahaya perut buncit yang mungkin terjadi.

3. Olahraga

Olahraga menyebabkan perut buncit? Bukan! Bukan seperti itu maksud saya. Maksud saya kebiasaan kurang berolahragalah yang menjadi pemicu perut membuncit. Seseorang dengan porsi olahraga di bawah rata-rata biasanya akan mengalami kegemukan meski tidak terlalu parah.

Jika tidak gemuk seluruh tubuh, setidaknya pasti terjadi kegemukan lokal di bagian perut. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena sebagian besar lemak dari makanan yang kita makan tidak terpakai. Lemak tersebut terkumpul di dalam usus serta di bawah kulit.

Nah, pada kasus ini obatnya adalah berolahraga. Lakukan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Mulailah dari yang ringan dan tingkatkan level kesulitannya seiring waktu.

4. Pola Tidur

Benarkah pola tidur mempengaruhi jumlah lemak di tubuh? Tentu saja iya. Meski tidak mempengaruhi secara langsung, pola tidur yang buruk seringkali berujung pada pola makan yang buruk pula.

Kebanyakan para pengidap insomnia selalu merasa lapar di tengah malam kemudian tertidur sebelum makanan selesai dicerna. Padahal jika seseorang tidur dalam kondisi masih ada makanan di lambung, maka semua zat akan diubah menjadi lemak. Waduh!

5. Gen

Terdengar jahat memang jika kita menyalahkan gen untuk bentuk badan yang tidak ideal. Akan tetapi seperti apapun itu kita tetap harus menaruh perhatian di sini. Seperti halnya pola tidur, gen juga memiliki pengaruh pada proses penumpukan lemak di perut meski secara tidak langsung. Bagaimana korelasinya?

Begini teman-teman, ketika seseorang yang memiliki gen mudah gemuk menjalankan pola hidup sehat maka dia tidak akan menjadi gemuk.

Sebaliknya, ketika seseorang yang tidak memiliki gen mudah gemuk menjalani pola hidup sembarangan sedikitsaja, pada akhirnya dia akan mengalami kegemukan. Intinya, untuk mereka yang memiliki gen gemuk dari nenek moyangnya sebaiknya menjalani pola hidup yang sehat sedini mungkin.

 6. Mengatasi Perut Buncit

Perut yang terlanjur buncit kadang membuat sedih, saya juga pernah mengalami itu meski hanya sedikit. Itu terjadi karena saat itu saya punya kebiasaan tidur setelah makan. Padahal kebiasaan itu fatal banget!

Kemudian apa yang saya lakukan untuk melenyapkan lemak-lemak itu?…………………
pertama

tentu memperbaiki pola makan dan juga pola tidur saya menjadi lebih teratur. Saya berjanji pada diri sendiri untuk tidak akan pergi tidur setelah makan. Setidaknya berilah jeda waktu sepanjang 1-3 jam jika Anda ingin tidur.       Baca juga : Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kedua,

saya lebih banyak menyantap sayuran dan buah-buahan. Paling tidak dengan jumlah sebanyak 50% dari keseluruhan asupan harian saya.

Kandungan berbagai vitamin, mineral, serta enzim di dalam buah dan sayuran segar akan membantu tubuh untuk mendapatkan berat idealnya secara otomatis. Makanya jangan malas makan sayur, ya? ^_^

Ketiga,

saya lebih banyak berjalan kaki. Selama tempat tujuan itu masih bisa terjangkau dengan berjalan kaki maka saya akan pergi ke sana dengan berjalan. Sudah tahukah Anda? Jalan kaki ini sangat efektif untuk membakar lemak-lemak berlebih di tubuh kita lho. Jangan lupa berjalan kaki ya!

Nah, itu dia berbagai hal yang bisa membuat perut Anda jadi buncit tanpa Anda sadari. Jika Anda mampu menghindari semuanya itu bukan tidak mungkin lemak-lemak perut yang selama ini nongkrong di jaringan bawah perut Anda akan menghilang, ” Selamat Mencoba”

Baca juga artikel dibawah ini: