11 Penyebab Mimisan Yang Wajib Kalian Ketahui dan Cara Mengatasinya

Posted on

Mimisan atau yang biasa disebut dengan istilah medis bernama epistaksin itu merupakan suatu gejala keluarnya darah melalui bagian hidung. Mimisan sendiri merupakan salah satu gejala-gejala yang tidak pandang usia dan jenis kelamin. Mulai dari anak-anak sampai lanjut usia, memiliki kemungkinan mengalami gejala mimisan yang sama.

Penyebab Mimisan Yang Wajib Kalian Ketahui dan Cara Mengatasinya

 

Biasanya mimisan terjadi selama beberapa menit saja atau malahan hanya beberapa detik. Meskipun kalian tidak merasakan sakit ataupun perih pada bagian hidung kalian, tetapi ketika hidung mengalami mimisa pastilah akan terasa sangat tidak nyaman dan aneh pada bagian hidung kita, itu dikarenakan darah segar akan keluar.Sebenarnya, mimisan bukanlah merupakan suatu gejala penyakit kronis ataupun gejala penyakit yang serius, apalagi ketika terjadi dalam jangka waktu yang normal.

Anda tidak perlu terlalu panik ketika mengalami mimisan, dan hal yang paling penting adalah tetap merasa tenang.Apakah sajakah penyebab terjadinya mimisan ?Mungkin saja timbul di dalam benak dan pikiran kalian, bagaimana mimisan dapat terjadi. Sebenarnya sederhana saja, mimisan yang dialami baik pada anak- anak ataupun orang dewasa, hingga lanjut usia dapat terjadi karena satu hal, yaitu terjadinya pecah pembuluh darah pada bagian dalam hidung.

Ketika kalian mengalami gejala mimisan, mungkin anda bertanya-tanya, mengapa saya bisa mengalami gejala mimisan seperti ini? Apa sih penyebabknya? Sebenarnya penyebab terjadinya gejala mimisan sangatlah banyak dan bermacam-macam.

Berikut ini adalah beberapa  hal yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan yaitu :

1. Membuang Ingus Terlalu Keras,

Ketika kalian sedang flu dan tidak enak badan, biasanya tubuh akan merespon dengan bersin dan mengeluarkan ingus. Ingus yang muncul di hidung wajib dikeluarkan, akan tetapi terkadang beberapa orang membuang ingus terlalu keras, sehingga dapat menimbulkan mimisan.

2. Terlalu Dalam Mengorek Hidung,

Kebiasaan mengorek hidung atau yang biasa disebut dengan istilah mengupil sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Akan tetapi perlu diperhatikan, karena kegiatan ini dapat berbahaya bagi hidung kalian, dan berpotensi menimbulkan gejala mimisan apabila terlalu dalam mengorek hidung kalian terutama ketika kalian tidak sengaja melukai bagian dalam hidung.

Baca juga : 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan (Dijamin Ampuh)

3. Perubahan Tekanan Udara,

Perubahan tekanan udara merupakan salah satu faktor alam yang berperan dalam menimbulkan gejala-gejala mimisan. Perubahan tekanan udara bisa menimbulkan terjadinya mimisan. Biasanya perubahan tekanan udara ini muncul pada dua kondisi, yaitu : udara yang terlalu panas, udara yang terlalu dingin.Kedua kondisi tekanan udara tersebut bisa menyebabkan terjadinya pecah pembuluh darah terutama pada bagian hidung, lalu menyebabkan mimisan.

4. Penggunaan Jenis Obat-Obatan,

Mimisan juga dapat terjadi karena adanya efek samping atau pengaruh dari penggunaan obat-obatan tertentu. Jenis obat-obatan tersebut dapat membuat pendarahan pada bagian hidung karena kandungan kimianya.

5. Alergi,

Pada beberapa kasus, mimisan bisa terjadi karena seseorang mengalami alergi terhadap polutan dan allergen yang ada di udara. Polutan dan allergen yang ada di udara ini terhirup masuk ke dalam tubuh melalui hidung secara tidak sengaja, dan beberapa polutan atau allergen dapat menimbulkan alergi, terutama bagi orang yang memiliki hidung sensitive.

Jenis-jenis allergen dan polutan yang dapat menyebabkan mimisan yaitu : debu dan pasir, asap kendaraan bermotor, asap rokok, bau yang menyengat, seperti bau durian dan bau sampah, kapuk atau bulu, terutama pada bantal dan guling.

6. IIritasi Akibat Senyawa Kimia,

Selain akibat allergen dan polutan di udara, mimisan juga bisa terjadi karena adanya iritasi pada bagian rongga dan pangkal hidung yang disebabkan karena adanya senyawa atau bahan kimia yang masuk ke dalam hidung. Bahkan ada beberapa bahan kimia dapat menimbulkan reaksi gatal dan pendarahan pada bagian hidung apabila terhirup.

7. Penggunaan NAPZA,

Narkotika dan obat-obatan terlarang atau sering juga disebut dengan istilah narkoba, terutama jenis narkoba yang dihirup masuk ke dalam tubuh juga dapat menimbulkan iritasi dan mimisan pada hidung.

Baca juga : Cara Cepat Meninggikan Badan Secara Alami (100% Ampuh )

8. Muncul Tumor Pada Rongga Hidung,

Tumor ialah tumbuhnya suatu benjolan yang tidak normal, yang dalam hal ini muncul dan tumbuh pada bagian rongga hidung. Ketika tumor tumbuh semakin membesar, maka tumor tersebut dapat menyebabkan menututupnya saluran pernapasan dan menekaan pembuluh darah hingga pecah.

9. Adanya Suatu Kelainan Pada Sistem Pembekuan Darah,

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Apabila pada umumnya luka yang dialami oleh seseorang dapat kering dan sembuh dalam waktu cepat, maka hal tersebut tidak sama dengan penderita hemophilia (kelainan dalam sistem pembekuan darah) akan sulit dalam melakukan proses tersebut. Salah satu gejala utama dari hemophilia adalah terjadinya pendarahan pada bagian-bagian tubuh, salah satunya adalah pada bagian hidung (mimisan).

10. Gejala Psikosomatis,

Gejala psikosomatis ialah salah satu gejala-gejala fisiologis yang disebabkan oleh faktor psikologis. Faktor psikologis yang biasanya sering menyebabkan terjadinya gangguan psikosomatis yaitu : perasaan tertekan, stres, depresi, kecemasan akan sesuatu, takut, dan phobia.

Beberapa kondisi psikologis tersebut sudah terbukti memiliki dampak terhadap kondisi kesehatan dan kondisi fisik seseorang, salah satunya ialah dengan kondisi tubuh terutama hidung yang mengalami mimisan.

11. Efek Atau Gejala Dari Penyakit-Penyakit Tertentu.

Selain sebagai suatu gejala yang bisa muncul dengan sendirinya, ada beberapa jenis penyakit yang diidap oleh seseorang yang dapat menimbulkan mimisan. Beberapa penyakit yang bia mengakibatkan mimisan yaitu : demam berdarah, darah tinggi, kanker, tumor, dan leukimia.Apa yang harus kita lakukan ketika mengalami gejala mimisan?Pastikan kalian menghindari hal-hal yg sudah dijelaskan diatas apa penyebab mimisan itu terjadi. Dengan menghindari hal tersebut itu dapat meminimalisir kalian agar tidak mengalami apa yang namanya mimisan.

Ketika kalian mengalami suatu gejala mimisan, kalian dapat melakukan beberapa hal berikut ini, antara lain :

  • Kalian janganlah panik, dan tetap tenang
  • Duduklah yang tegak atau agak tidur sedikit
  • Pencet hidung kalian dengan kedua jari. Hal ini bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi pada hidung kalian.
  • Tutup bagian hidung dengan menggunakan tissue, dan bersihkan sisa-sisa darah yang masih keluar dari dalam hidung.
  • Kompreslah hidung yang mimisan dengan menggunakan es batu. Hal ini dilakukan supaya  darah dapat membeku dan berhenti keluar.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan gejala mimisan pada diri kalian dan cara mengatasinya yang dapat Manfaatmedis.com sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *