Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit

Posted on

Saat sobat mencuci beras, biasanya air cuciannya akan langsung dibuang. Pernahkah sobat terpikirkan untuk memanfaatkan air cucian beras ? Mungkin sobat berpikir untuk apa repot-repot menadah air cucian beras ? Padahal, air beras yang sering dianggap sepele ini mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit serta wajah lho gays.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah tidak selalu memerlukan uang yang banyak, karena sobat bisa memanfaatkan air beras. Beras mengandung beberapa zat yang bisa digunakan untuk kecantikan, salah satunya ialah zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultra violet ke dalam kulit, sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit sobat. Berikut ini beberapa manfaat dari air cucian beras untuk wajah dan kulit.

1. Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam

Biasanya kebanyakan para wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim-krim kecantikan yang beredar di pasaran tersebut. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, malah justru mendapatkan kulit wajah yang semakin rusak. Mencuci muka dengan air beras secara teratur bisa mencerahkan dan mencegah masalah kulit pada wajah. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam juga akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2. Pembersih Wajah

Air cucian beras bisa sobat manfaatkan sebagai pembersih wajah. Caranya sangat mudah, pertama, sobat ambilah satu cangkir beras. Kemudian cucilah beras tersebut dengan cepat sehingga debu dan kotoran menghilang, lalu buang airnya. Lalu tambahkan air bersih baru, lalu aduk-aduk beras menggunakan tangan. Dan rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air. Setelah itu, saring air dari beras, lalu basuh wajah sobat dengan air tersebut sambil dipijat lembut dengan jari-jari selama sekitar 6 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih hingga bersih, keringkan dengan handuk lembut . Cara mengeringkan wajahnya jangan digosok ya gays, akan tetapi dengan cara ditepuk-tepuk.

3. Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Air cucian beras juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat serta bekas jerawat pada wajah sobat. Air cucian beras bisa membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit wajah sobat. Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya juga bisa mengurangi kemungkinan timbulnya masalah jerawat. Caranya sobat siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, diamkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya saja yang masih basah. Balurkan tepung beras tersebut ke seluruh bagian wajah sobat yang memiliki flek atau bekas jerawat.

Baca juga : Khasiat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh, Rambut Dan Kulit

4. Mengontrol Kelebihan Minyak Pada Kulit Wajah

Apabila jerawat yang bermunculan di wajah sobat disebabkan oleh minyak berlebih, jangan lagi bingung bagaimana cara mengatasinya, karena air beras tetap dapat menjadi jawabannya. Manfaat air beras untuk wajah kulit yang berjerawat ini juga sama ampuhnya seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunannya sangatlah mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak tadi. Pertama-tama, cuci wajah sobat terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sobat. Lalu, cuci kembali wajah sobat dengan menggunakan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah sobat sekitar 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Dengan penggunaan rutin, minyak di wajah sobat akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah alami. Lakukan metode ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pencerah Kulit yang Alami

Beras mempunyai bahan pemutih kulit alami yang khasiatnya tak kalah dengan susu yang dicampur bersama minyak zaitun. Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat serta alami, lakukan treatment ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Rasakanlah perbedaan pada wajah yang signifikan. Bukan hanya lebih cerah saja, kulit sobat juga akan terasa jauh lebih halus dan lembut. Caranya cukup mudah, cuci beras dengan air di dalam sebuah wadah untuk menampung airnya. Selanjutnya, saring beras dan cuci beras kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman hingga bagian tepung beras mengendap dari airnya. Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah yang berbeda. Gunakan endapan tersebut sebagai scrub di wajah, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Treatment ini tidak hanya dapat digunakan untuk wajah, akan tetapi bisa untuk tubuh juga.

6. Mengobati Kulit Iritasi

Air beras juga bisa digunakan untuk mengobati kulit yang terkena iritasi. Penggunaan air beras pada wajah bisa membantu menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah sobat. Menurut sebuah studi dermatologi, pasien dengan dermatitis atopic bisa disembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit setiap dua kali dalam sehari. Atau sobat dapat juga memasukkan beras ke dalam kain katun atau kain jenis lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, sobat dapat menumbuk pelan beras dalam kain sampai hancur. Masukkan beras dalam kain yang sudah hancur tadi ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah sobat. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang optimal, setelah itu bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk bersih.

Baca juga : Manfaat dan Khasiat Batang Secang Untuk Kesehatan

7. Mengobati Kulit Terbakar

Ketika berenang atau saat beraktivitas diluar ruangan kulit terbakar sinar matahari ialah sesuatu yang umum dan sering terjadi dan dialami banyak orang. Terlepas dari penggunaan tabir surya, kemungkinan bahwa kulit sobat akan terbakar matahari tetap ada. Apabila hal itu terjadi, sobat bisa mengobatinya dengan bantuan air beras. Aplikasikan air beras pada daerah kulit yang terbakar kemudian bilas dengan air dingin setelah beberapa menit.

8. Sebagai Kondisioner Rambut

Kebanyakan dari kita belum mengetahui bahwa air cucian beras bisa juga berguna sebagai kondisioner rambut. Air beras ialah kondisioner rambut alami yang sangat baik, ramah lingkungan, serta bisa membuat rambut lebih lembut, mengembang serta berkilau. Cara menggunakannya cukup simple, pertama siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan sobat. Lalu aplikasikan pada rambut yang sudah dikeramas terlebih dahulu, kemudian diamkan beberapa menit, dan bilas dengan menggunakan air dingin. Tidak seperti produk kondisioner yang beredar di pasaran yang mengandung bahan kimia, kondisioner air cucian beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat kulit kepala sobat berketombe.

9. Menutrisi dan Menyegarkan Kulit

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80 sampai 85%). Pati beras tersebut tersusun dari dua polimer karbohidrat, yaitu amilosa, pati dengan struktur tidak bercaban dan amilopektin, pati dengan struktur. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan juga air. Kandungan mineral, vitamin, serta antioksidan yang ada pada beras dapat menutrisi dan menyegarkan kulit sobat.

Untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit sobat, lakukanlah beberapa kegiatan di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan melakukannya rutin setiap hari, bisa membantu untuk mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kulit supaya tetap lembut, bercahaya serta bersinar. Luar biasa bukan manfaat dari air beras ini? Selamat mencoba ya gays.

Demikian beberapa manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit yang dapat Manfaatmedis.com sampaikan, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan bagi sobat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *